CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 07 Agustus 2011

Empire State of Art


Idealisme dan Pikiran sempit. Kedua rangkaian alfabet-alfabet itu berdiam di pikiran-nya. Seharusnya berbeda makna dan definisi. Tetapi ternyata sesuatu yang sukar di identifikasi membuatnya semakna. Sedefini. Saling berkaitan satu sama lain. Sukar dipisahkan. Tertempel tak ada jawaban di pikiran-nya.
Diri-nya duduk terdiam. Menatap semburat cahaya terang di atas kepala-nya. Gulungan-gulungan awan putih seakan memberikan imajinasi tentang sekumpulan domba sedang bermain-main di padang rumput luas berwarna biru terang. Tak terkoyahkan. Bebas. Tak menggunjing satu sama lain walau jumlah mereka seluas warna biru yang melatar belakangi mereka. Tengah hari yang cukup indah di daerah Utara kota Yogyakarta.
Idealisme. Ternyata bisa menghentikan proses pemantulan cahaya diri sendiri. Tiga tahun sudah dia menghabiskan hidup mandiri di kota ini. Tiga tahun sudah dia berdiri di bawah payung institusi. Tiga tahun sudah latar belakang pendidikan yang mengharuskan dirinya melahap nasi gudeg di kota ini. Sampai pada akhirnya, hierarki yang tak ter-organisir dengan baik mengharuskan dirinya mengenyam mentah-mentah. Terjejali dengan paksa sesuatu yang pada akhirnya sedikit demi sedikit menggerogoti apa yang sudah dibawanya dari masa embrio. Sesuatu yang seharusnya bukan dirinya.
Cukup banyak macam warna yang disapukan pada sebuah kanvas putih yang berukuran tidak menentu tiap warna-warna itu ingin disapukan. Sebuah sapuan warna-warna itu pada akhirnya menjadikan kanvas putih itu indah. Sebuah lukisan dari kumpulan kolaborasi warna-warna sebelumnya terpahat disana. Realita, seakan sudah kehabisan warna-warna itu. Hanya hitam dan putih yang tersisa. Benar-benar hitam dan putih. Namun terkadang hitam bisa menjelma menjadi putih. Dan putih bisa menjelma penjadi hitam. Warna abu-abu kolaborasi hitam dan putih hanya sebatas berumur sebotol anggur merah semalam dan hanya bisa dijumpai jika proses pemantulan diri sendiri berhasil dengan sempurna.
Pening. Pening mulai menembus otak-nya. Pening pun tidak bisa membunuh pikiran yang berkecamuk manja di otak-nya. Pening tidak juga melahirkan jawaban yang pasti tentang pertanyaan di pikiran-nya. Karena memang tidak akan pernah terjawab.
Petang mulai datang menggantikan semburat cahaya terang di siang hari. Angin sepoi di tengah hari tergantikan oleh angin malam yang mulai menusuk kulitnya hingga ke tulang. Itu pun juga tak melahirkan hasil sepeti bayi suci yang merah merona.
Dirinya menatap sesuatu berbentuk bundar. Yang juga sedang terduduk. Berbeda tempat dengan posisi dirinya terduduk diam. Sebuah tempat pembuangan duduk terdiam di lantai bawah. Di samping gapura penyambut tamu dari bangunan yang di duduk-nya saat ini. Sebuah tempat sampah. Apakah non-idealisme itu seperti benda itu ?, pikirnya dalam hati.
Ruang memori mulai dirinya masuki. Sedikit kembali ke masa lalu. Menilik sesuatu yang cela yang ada di awal kedatangan-nya pada sebuah idelisme. Memang tidak ada yang salah. Karena Tuhan menciptakan makhluk-nya dengan porsi yang pas. Karena Tuhan menciptakan makhluk-nya dengan tanpa cela yang bersifat tidak abadi. Karena Tuhan menciptakan makhluk-nya bermacam-macam warna. Bergelut dengan masa lalu-pun juga tak membuahkan hasil. Hanya ketenangan sementara yang di dapat. Dia bergegas kembali ke tempat dirinya duduk terdiam di balkon lantai dua sambil memandang tempat sampah di pojok-an gerbang rumah yang dia singgahi.
Ah, sudahlah. Dia menyerah. Lelah membuatnya angkat tangan dari pikiran tentang eksistensi Idealisme. Sang dewi malam pun mulai muncul menggantikan kelelahan Sang Matahari menyinari. Cahaya putih berpendar tepat di atas benda di pojokkan pintu gerbang rumah. Diri-nya memicingkan mata. Memperjelas pandangan-nya akan sesuatu yang bersemayam di tempat sampah itu.
Kasihan ikan itu, ucapnya dalam hati, iba. Tubuh-nya sudah tak ada daging. Bola mata-nya pun sudah hilang. Bentuk muka-nya sudah remuk tak berbentuk. Yang tersisa dengan jelas hanya jajaran duri-duri yang tertata runtut dan rapi. Beberapa ekor ikan yang mengenaskan terkubur di dalam tempat sampah itu.
Setidak-nya sampah masih lebih beruntung dari tulang ikan yang mengenaskan. Diri-nya menyudahi keterdiaman-nya dari tengah hari sampai petang hari itu. Hanya kata-kata terakhir itu yang bisa dia simpulkan menjadi sebuah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dalam pikiran-nya.
Jogjakarta, 7 Agustus 2011. (TZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar