CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 19 Oktober 2011

[Medley] Endless Sorrow-Dearest-CAROLS-Together When-HEAVEN-You Were (Seven Days War)


Saya pernah membaca blog dari sebuah penulis novel komedi ternama, Raditya Dika. Disana dia menjabarkan rahasianya agar terus menulis. Salah satu yang disebutkan, ide untuk menulis itu bisa datang dari mana saja. Selain Raditya Dika, saya pernah membaca buku “Menulis fiksi itu seksi” dari penulis novel yang tidak kalah tenarnya, Alberthiene Endah. Di bukunya, dia menjelaskan menulis itu butuh kepekaan yang luar biasa. Yang saya tangkap soal kepekaan disini adalah peka untuk menanggapi apa yang terjadi di sekitar kita, yang kemudian akan berkembang menjadi sebuah ide untuk dituangkan dalam sebuah tulisan.

Berangkat dari situ dan ditambah skill menulis saya yang masih pas-pasan, yang saya dapat dari part-time job saya dulu pada sebuah surat kabar di Surabaya. Sehingga akhinya muncul ide untuk mencoba menulis sebuah cerpen bersambung yang idenya sendiri bisa dibilang kepekaan saya atas lirik-lirik lagu yang saya dengar. Beberapa posting sebelumnya mungkin ada beberapa contoh cerpen yang inspirasi ide-nya datang dari beberapa lirik lagu.

Awalnya, pas lagi iseng-iseng nonton video konser artis Jepang favorit saya, Ayumi Hamasaki. Saya ada ide buat bikin cerpen bersambung dari lagu-lagunya. Cerita singkatnya, di konser itu dia lagi nyanyi secara medley lagu-lagu musim-musim dingin yang pernah dirilis-nya. Disitulah secara tak sengaja ide-ide mulai muncul. Dan, tak berakhir sampai disitu. Kalau mau berkata-kata sedikit berlebihan, saya menggodok cerita yang berdasar lagu dan liriknya sembari masih sibuk kuliah plus kerja. Dan kemudian, saya akan mencoba memposting-nya satu persatu di blog saya ini.

Selamat menikmati. Semoga bisa dinikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar